Apa yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin belajar di PGSD

Apa yang perlu diketahui jika Anda ingin belajar di PGSD

Pengumuman

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) merupakan jurusan yang cocok bagi Anda yang berminat menjadi guru. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 dan Permendikbud nomor 46 tahun 2016, mengamanatkan bahwa guru harus memiliki pendidikan minimal sarjana (S1) di bidangnya masing-masing. Peraturan tersebut mengandung pengertian bahwa guru yang meskipun berstatus sarjana, bukan lulusan PGSD/PAUD tidak boleh mengajar di depan kelas.

Belakangan ini dunia maya Twitter ramai membicarakan jurusan PGSD. Dalam cuitan tersebut, seseorang mengaku sangat bersyukur bisa lulus di jurusan PGSD. Meski sempat dicemooh tentang mata kuliah yang diambilnya, tak sedikit juga yang memberikan semangat bahwa profesi sebagai guru sangat mulia karena menjadi pahlawan dalam mencerdaskan generasi bangsa dan tidak teracam oleh hal yang lain.

Apa yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin belajar di PGSD

PGSD sendiri merupakan singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan ini berfokus pada pendidikan guru yang mempersiapkan siswa untuk menjadi guru di sekolah dasar (SD). Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberikan bekal bagaimana menjadi pendidik sekaligus guru bagi siswa sekolah dasar. Guru sekolah dasar bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Mengapa Peminat PGSD Meningkat? Wajar jika kita bertanya, mengapa jumlah jurusan PGSD meningkat? Hal ini dikarenakan kebutuhan akan guru SD selalu lebih besar dari pada guru mata pelajaran.

Baca Juga : Kecaduan Permainan Game Online pada Mahasiswa

Sarjana Pendidikan (S.Pd.) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program studi yang diminati. Apa yang dilakukan PGSD, Guru Sekolah Dasar. Menjadi guru di tingkat sekolah dasar merupakan prospek pekerjaan utama bagi lulusan PGSD. Peluang kerja di profesi ini sangat luas karena pendidikan dasar bersifat wajib dan sekolah tersebar dimana-mana. Jenis sekolahnya pun beragam, baik itu SD negeri, SD swasta, bahkan sekolah di luar negeri.

Lama Kuliah untuk S1 PGSD. Jika dilihat secara objektif, biasanya pendidikan S1 PGSD dapat diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun. Masa studi normal bagi mahasiswa S1 dapat ditempuh selama 4 tahun atau 8 semester diakhir dengan menulis Judul Skripsi sesuai jurusan PGSD. Namun, mahasiswa juga bisa mempercepat masa studinya agar bisa lulus dari masa kuliah 3,5 tahun.

Departemen Pendidikan seperti jurusan PGSD, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan sebagainya yang akan menjadi guru atau dosen, memiliki peluang besar untuk menjadi PNS. Mempelajari jurusan PGSD berarti Anda harus siap untuk mata pelajaran apa pun, termasuk Matematika yang mungkin ingin Anda hindari. Tenang saja, mata kuliah Matematika yang akan kamu hadapi tidak begitu sulit. Anda hanya akan mempelajari materi untuk mata pelajaran sekolah dasar untuk kursus ini.

Di mercu Buana Yogyakarta sendiri saat ini ada Fakultas Keguruan UMBY dengan Program studi :

  • Pendidikan Bahasa Inggris (B),
  • Pendidikan Matematika (B)
  • Pendidikan Bimbingan dan Konseling (B)
  • Pendidikan Ilmu Keolahragaan (Proses Ke B)

Leave a Reply

Your email address will not be published.