Virtual Innovation Summit #2 UMBY Hari #1

Agenda Info Kita

Universitas Mercu Buana Yogyakarta Virtual Innovation Summit #2 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat & Kerjasama (PPPMK) UMBY untuk mewadahi kebutuhan para innovator yang telah memiliki produk inovasi (baik merupakan barang ataupun jasa).

Pada tahun ini PPPMK UMBY membuka kesempatan untuk siapapun yang memiliki produk inovasi yang ingin mengikuti kegiatan expo di Virtual Innovation Summit #2 dilaksanakan secara Virtual pada tanggal 16 dan 17 Februari 2021. Dijelaskan oleh Ketua Panitia Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi, Psikolog.

Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi, Psikolog

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Bayu Kanetro, M.P. berlangsung dengan Moderator Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum selaku Kabag. Kerjasama Luar Negeri UMBY.

Dr. Ir. Bayu Kanetro, M.P

Kegiatan ini Dikuti lebih dari 400 peserta kegiatan ini selelnggarakan secara online lewat Zoom dan kana Youtube Humas UMBY. Innovation Summit ini yang kedua Innovation Summit pertama diselenggarakan secara offline di Kampus 3 pada 21 Desember 2019.

Tristan AC

Pembicara pertama Tristan ACE (British Council UK). Tristan memiliki lebih dari satu dekade pengalaman bekerja di lebih dari 20 negara di Eropa Tengah dan Timur, Afrika sub-Sahara dan selama 8 tahun terakhir di Asia Timur dan Selatan. Tristan Memimpin pekerjaan British Council dalam wirausaha sosial dan investasi berdampak sosial di kawasan Asia Pasifik dan bertanggung jawab atas kebijakan unggulan dan program keterlibatan pemerintah yang memberikan dukungan untuk mengembangkan kebijakan dan strategi kewirausahaan sosial di kawasan tersebut. Melalui program ini, ia telah mengembangkan berbagai kemitraan dengan pemerintah dan organisasi regional seperti UNESCAP, Bank Dunia, dan AVPN. (Profile Tristan ACE)

Dr Ari Margiono (BINUS) dan Daniel Ari Widhiatama , S.Pd., M.Hum (Moderator)

Pembicara kedua Dr Ari Margiono Head of Center for Innovation, Design, and Entrepreneurship Research at Binus University – International. Binus International (BINUS). Dr Ari Margiono dengan isu-isu ekonomi politik, kewirausahaan sosial (social entrepreneurship), CSR, dan strategi. Dia Pernah malang melintang di berbagai lembaga non-profit internasional.

Narasumber ketiga Prof. Dr. Roselina Ahmad Saufi (Universiti Malaysia Kelantan. Roselina Ahmad Saufi saat ini bekerja di Universitas Malaysia, Kelantan. Roselina melakukan penelitian di Studi Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Publikasi terbarunya difokuskan pada kemampuan akademisi, kemampuan magang untuk meningkatkan mekanisme dan kinerja Program Transfer Pengetahuan.

Prof. Dr. Dwiyati Pujimulyani, MP (Inovator Kunir Putih)

Narasumber keempat Prof. Dr. Dwiyati Pujimulyani, MP (Guru Besar Teknologi Hasil Pertanian UMB Yogyakarta, Staf pengajar Fakultas Agroindustri UMBY dan Inovator Kunir Putih UMBY). Kunir Putuh merupakan salah satu hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, MP seorang guru besar di Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Produk ini merupakan produk perkembangan dari kapsul kunir putih yang sudah laris di pasaran. Prof. Dwiyati Pujimulyani, MP, Tak Malu Jualan Jamu.

Awan Santosa, SE., M. Sc (Kepala P3MK UMBY)

Narasumber kelima Awan Santosa, SE., M. Sc (Kepala P3MK UMBY). Co-founder Sekolah Pasar yang sejak tahun 2012 diinisiasi di pasar-pasar rakyat di D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan direplikasi di banyak pasar lain di Indonesia, serta saat ini menjadi salah satu program revitalisasi pasar rakyat di Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Pernah menjadi Direktur Mubyarto Institute dan menginisiasi berbagai model popular education seperti Perguruan Tinggi Desa (PTDes), Sekolah Buruh, Sekolah Desa Mandiri, Sekolah Koperasi Gula Kelapa, Sekolah Koperasi Indonesia (Sekopia), dan bersama Konsorsium Kemala menginisiasi Sekolah Hijau di Tanjung Jabung Timur, Jambi dan Solok Selatan, Sumatera Barat.

Saat ini sebagai staf Pengajar di Fakultas Ekonomi dan Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama (P3MK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM, anggota BPH Yayasan Mubyarto, Dewan Pakar Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI), dan CeO Sepasar

Prof. Dwiyati direktur industri Windra Mekar, selama ini dikenal masyarakat sebagai ‘penjual jamu’ lewat produk kapsul Kunir Putih CURCUVAL DP yang tersebar luas, tak hanya di Indonesia, bahkan hingga ke Brunei Darussalam lewat ‘laskar kunir putih’nya

Live dan rekaman Hari #1 Event UMBY 16-17 Feb 2021 bisa juga disaksikan di Youtube.

Ditulis oleh Imam Suharjo

imam

Dosen di Informatika UMBY di Kampus2 Gejayan dan juga blogger dan Youtuber sebagai sambilan disela-sela waktu.

http://imam.web.id

2 thoughts on “Virtual Innovation Summit #2 UMBY Hari #1

  1. Semoga sukses acaranya dan bisa mengembangkan potensi lokal serta mengembangkan pariwisata di Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *