Jumlah Mahasiswa UMBY Yang Lulus Program Magang MSIB Meningkat

Akademik Info Kita

Jumlah Mahasiswa UMBY Yang Lulus Program Magang MSIB Meningkat. Diberitakan di KORANBERNAS.ID, jumlah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang lulus program Certified Independent Study and Magang (MSIB) bertambah. Pada gelombang pertama ada 17 yang lulus, Gelombang kedua menjadi 26 mahasiswa.

“Program MSIB sudah berjalan dua generasi dan sudah banyak perusahaan dari berbagai bidang yang bergabung, terlebih lagi di batch ketiga ini. Harapannya semakin banyak yang lulus,” kata Widarta MM, Humas UMBY, melalui rilis kepada redaksi koranbernas.id, Rabu (22/6/2022).

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sendiri adalah salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan.

Dalam upaya memberikan wawasan tentang MSIB Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, kampus ini menggelar webinar Sabtu (8/6/2022) lalu, yang diikuti oleh 71 peserta dan dibuka oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMBY, Nugraeni MSc.

“Disampaikan oleh Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bapak Ainurizan Ridho, program MSIB sangat tepat untuk diikuti oleh mahasiswa. Tidak ada salahnya jika mahasiswa yang lulus ingin berwirausaha dan mengikuti program tersebut. Karena itu alangkah baiknya sebelum memulai berwirausaha, mahasiswa mengetahui dan menimba pengalaman dari program MSIB terlebih dahulu,” ujarnya.

Misalnya, apa yang diperlukan untuk membangun kewirausahaan? Tentu saja, mahasiswa perlu pengalaman menjadi karyawan sebelum menjadi pimpinan. Salah satu mahasiswa yang pernah mengikuti MSIB, Rido Ariady dari Fakultas Psikologi UMBY mengatakan, program tersebut merupakan kesempatan yang baik yang perlu dimanfaatkan karena mahasiswa dapat belajar selain dari bidang yang mereka geluti sebelumnya. “Saya memilih belajar mandiri karena saya bisa lintas jurusan atau ilmu. Di situ kita disuguhi masalah, tapi kita dikasih ilmu dulu,” jelasnya.

Ismail Marzuki, mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Multimedia, menambahkan bahwa mata kuliah di kampus relevan dengan pekerjaan di tempat magang. “Pelajaran di kampus bisa dilaksanakan dengan magang. Dengan mengikuti magang, kita bisa menggali lebih luas lagi pelajaran yang didapat di kampus,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.