UMBY Luncurkan Aplikasi SIA Mobile Berbasis Android

Akademik Info Kita Internet Pelatihan Promosi

Senin (11/5), bertepatan hari ke-17 Ramadhon 1441 H, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  me-launching secara resmi aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) berbasis mobile android, Aplikasi ini mulai bisa digunakan sejak dikenalkan kepada para Mahasiswa UMBY pada bulan Mei 2020.

Seperti kita ketahui, perkembangan Teknologi Informasi di dalam ERA Industri 4.0 saat ini semua Industri berlomba-lomba untuk melakukan inovasi dalam sistem informasi yang digunakan untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan. Tak berbeda dengan dunia Pendidikan, Perkembangan dan inovasi harus dilakukan dalam setiap sistem informasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademik.

UMBY melalui Biro Information & Communication Technology  (ITC), yang dikomandani oleh Kepala Bironya Albert Yakobus Chandra, S.Kom.,M.Eng,  melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Akademik versi Mobile (SIA Mobile UMBY) bagi mahasiswa yang dapat diunduh langsung oleh pengguna platform Android dan IOS.

“Dengan aplikasi ini mahasiswa dapat mengetahui jadwal perkuliahan, jadwal Ujian, Status Semester, Pengumuman dari Kampus dan alarm notifikasi kepada mahasiswa sebagai pengingat jadwal kuliah, notifikasi ini akan meningatkan mahasiswa secara otomatis setiap satu jam sebelum kuliah, sehingga mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini akan seperti memiliki asisten pribadi yang mengingatkan akan jadwal kuliah” tutur Albert yang juga merupakan dosen fakultas Teknologi Infomasi UMBY.

Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM menambahkan dengan adanya SIA Mobile Ini diharapkan dapat membantu mahasiswa UMBY dalam melaksanakan kegiatan Akademik, dan menunjukan perkembangan UMBY dalam Bidang Teknologi Informasi di Era Industri 4.0., apalagi pada saat-saat seperti sekarang ini, wabah covid-19 sedang melanda Indonesia dimana semua kegiatan harus dilakukan dengan online, maka adanya SIA mobile ini benar-benar bermanfaat.

Menurut rektor tidak akan ada kendala,  karena smartphone saat ini bukan barang mewah, dan hampir kebanyakan orang memilikinya apalagi mahasiswa. Rektor mengakui, aplikasi ini   ke depannya akan disempurnakan lagi, yang tujuannya yakni peningkatan dan kemudahan pelayanan akademik melalui pelayanan berbasis digital dengan android.

Salah satu mahasiswa UMBY,  Ade Fajar, mahasiswa peternakan angkatan 2017  dalam testimoninya menyambut gembira adanya aplikasi ini. “Kabar gembira nih, sekarang Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengeluarkan aplikasi yang dapat membantu mahasiswa melihat status dari informasi akademik, yaitu aplikasi SIA Mobile. Manfaat yang dapat rasakan adalah mahasiswa nggak perlu repot masuk ke website SIA UMBY, sekarang tingal 1 kali klik aja status informasi akademik sudah tertera di aplikasi tersebut, mulai dari jadwal kuliah, jadwal ujian, dan status semester.” Ujarnya. sembari kedepan berharap aplikasi SIA Mobile ini menambahkan beberapa fitur supaya lebih lengkap.

sumber : http://mercubuana-yogya.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.