Kecaduan Permainan Game Online pada Mahasiswa

Info Kita

Beberapa individu yang gemar bermain game dalam beberapa segi lebih memberikan kepuasan psikologis daripada game yang model lama yang untuk memainkannya perlu keterampilan lebih kompleks, kecekatan lebih tinggi, serta menampilkan masalah yang lebih relevan secara sosial dan gambar yang lebih realistis.

Dari sini, maka jelaslah bahwa seseorang yang gemar bermain game online akan mendapatkan kepuasan psikologis dimana ia terdorong untuk menuntaskan dan memenangkan permainan yang ada di game online tersebut. Maraknya game online menyebabkan para remaja ingin memainkan permainan tersebut.

Penelitian mahasiswa Psikologi UMBY pada 2017 dengan judul Fenomena Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa UMBY oleh Recky
Jumansyah (2017). Penelitian ini mengamati fenomena kecanduan game online pada mahasiswa UMBY skripsi di universitas mercu buana yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena kecanduan game online pada mahasiswa UMBY.

Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Mercu Buana Yogyakarta umur antara 17-24 tahun yang memiliki kebiasaan bermain game online berjumlah 96 orang. Teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa (70,8%) menilai variabel kecanduan game online, sedang. Hal ini berarti fenomena kecanduan game online mahasiswa UMBY adalah kategori sedang.

Penelitian dilaksanakan pada 2017 ini oleh Recky Jumansyah dibimbing oleh Ibu Santi Esterlita P., M.Si. dan Informasi terkait hal ini bisa diakses di eprints.mercubuana-yogya.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.