KKN PPM Kel 50 adakan Sosialisasi Entrepreneur bagi Pemuda Dusun Tangkil

Agenda

KKN PPM Kel 50 adakan Sosialisasi Entrepreneur (kewirausahaan) bagi Pemuda Dusun Tangkil. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung sekitar 2 jam dengan total peserta 20 orang. Sosialiasasi ini diisi oleh narasumber dari Pusat Studi Ekonomi Rakyat yaitu Bpk. Puthut Indroyono. Beliau merupakan chairman & founder dari Sekolah Rakyat. Dalam sosialisasi ini beliau menyampaikan beberapa materi mengenai pengembangan desa. Beliau menceritakan pengalaman – pengalaman yang telah beliau lalui selama bekerja. Sudah banyak dusun yang telah berhasil beliau kembangkan.

Selain itu, beliau juga menyampaikan motor penggerak pengembangan dusun adalah para pemuda. Sehingga dalam mengembangkan dusun dan membuat identitas dusun sumber daya yang paling berpotensial untuk kemajuan dusun adalah sumber daya manusia itu sendiri dengan dibarengi sumber daya alam yang perlu dimanfaatkan.

Selain penyampaian materi dan sharing, juga terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Dalam sesi tersebut peserta cukup aktif dalam bertanya dan menyampaikan hambatan – hambatan yang telah terjadi dalam proses pengembangan dusun. Selain itu, peserta juga turut menyampaikan potensi yang ada dusun namun belum menemukan inovasi pada produk dusun tersebut.

Menurut ketua panitia Rambio Hasiholan Manalu, kegiatan yang berlangsung 2 jam ini mendapat sambutan yang antusias dari pemuda setempat. Kegiatan ini dikuti oleh 20 peserta dan juga dihadiri oleh Kepala Dukuh Tangkil (Tukirin) dan tokoh masyarakat. Tujuan kegiatan meningkatkan kesadaran pemuda/i Dusun Tangkil dalam berwirausaha.

Dusun Tangkil sendiri merupakan dusun yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian pengrajin kerajinan bambu. Kerajinan bambu tersebut telah diajarkan secara turun temurun dalam keluarga sehingga setiap anggota keluarga biasanya pandai membuat kerajinan bambu. Kerajinan bambu tersebut menjadi salah satu potensi Dusun Tangkil dalam membangun kemajuan dusun. Sehingga diharapkan dalam kegiatan ini, para pemuda maupun masyarkat di Dusun Tangkil dapat berani untuk lebih mengembangan potensi yang ada di Dusun Tangkil. Berani untuk berkreasi dan berani untuk lebih maju.

Dalam kesempatan Pak Puthut Indrayono menyampaiakan pesan penutup “Jangan takut untuk berinovasi karena sesungguhnya potensi yang ada munculnya dari daerah (dusun Tangkil) itu sendiri bukan dari luar (kota), serta kunci keberhasilan berwirausaha sejatinya adalah gotong royong (saling bekerjasama)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.