UMBY Terima Penghargaan dari BNNP DIY

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) baru-baru ini menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Propinsi DIY (BNNP DIY). Apresiasi ini diberikan atas pengabdian, kepedulian, kesukarelaan dan peran serta secara aktif di bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelar narkotika (P4GN). Penghargaan ini diserahkan saat puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2018 DIY yang digelar di Pendopo Manggala Parasamya Kabupaten Bantul, Kamis (12/07/18).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, Wakil Bupati Bantul, Kepala BNNP DIY, BNNK tingkat kabupaten/kota, instansi terkait, komunitas penggiat anti narkoba, mahasiswa, maupun siswa.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan, dalam mengatasi permasalahan narkoba diperlukan strategi khusus, yaitu keseimbangan penanganan antara pendekatan penegakan hukum dan pendekatan kesehatan. Pendekatan penegakan hukum bertujuan untuk memutus mata rantai pemasok narkoba mulai dari produsen sampai pada jaringan pengedarnya. Sedangkan pendekatan kesehatan bertujuan untuk memutus mata rantai para pengguna narkoba yang ketergantungan untuk mendapatkan perawatan atau rehabilitasi.

Menurut Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol. Drs. Tri Warno Admojo, perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba tidak boleh dilakukan dengan setengah setengah, dan harus dilakukan secara komperhensif dengan melibatkan seluruh elemen bangsa, baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat.

Selain pemberian penghargaan, acara ini juga diisi dengan deklarasi bersama anti narkoba. Deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk bergerak dan mendukung program P4GN.

HANI yang selalu diperingati tiap tahunnya ini merupakan refleksi bangsa Indonesia untuk menghadapi ancaman kejahatan narkoba. Semua elemen harus bersama, bergerak, dan bersinergi untuk mewujudkan Indonesia sehat tanpa narkoba. Mercu Buana…Lebih Baik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.