Cara membuat akun google scholar

Sekilas Tentang Google scholar

Google Scholar (Google Cendikia) merupakan sebuah mesin pencari literatur dan publikasi ilmiah yang gratis, mudah dan handal. Dengan menggunakan sebuah aplikasi web browser dan membuka Google Scholar, kita dapat mencari referensi dari berbagai bidang ilmu dan berbagai sumber yang meliputi: artikel, tesis, buku, abstrak, dan opini pengadilan dari penerbit akademis, komunitas profesional, repositori online, universitas dan situs web lainnya.

Fitur Google Scholar

Google Scholar memiliki beberapa fitur  antara lain

  1. Menjelajahi/pencarian online tentang karya, kutipan, penulis dan publikasi yang terkait
  2. Memeriksa siapa saja yang mengutip publikasi dari sebuah artikel
  3. Membuat dan mempublikasikan profil penulis. Kita dapat membuat profil di Google Scholar dengan menggunakan akun email yang sudah terdaftar di Google atau email institusi yang tergabung dengan Google. Dengan memiliki profil di Google Scholar, kita dapat menyimpan daftar artikel yang sudah dipublikasikan dan mengetahui posisi index kita.

Google Scholar Index

Seorang penulis memiliki index h, jika sebanyak h artikel diantara Np artikel yang sudah dipublikasikan masing-masing memiliki sedikitnya h sitasi, dan (Np – h) artikel sisanya masing-masing memiliki paling banyak h sitasi. Bagian-bagian berikut ini menyajikan langkah-langkah membuat profil di Google Scholar.

Video Panduan Cara membuat akun Google Scholar

Video beriku ini memberikan petunjuk tentang cara membuat akun Google Scholar secara singkat.


Sumber Bacaan lain :

http://simlitabmas.dikti.go.id/unduh_berkas/Panduan_Praktis_Membuat_Profil_Google_Scholar_2.pdf

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*