FKIP UMBY Kembangkan Potensi Mahasiswa Melalui PPL

Pengumuman

Praktek Pembelajaran Langsung (PPL) yang wajib diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (F.KIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) merupakan bagian dari kurikulum yang ada. Baik itu mahasiswa program studi Pendidikan Matematika maupun Pendidikan Bahasa Inggris.

Program itu tak hanya menekankan pada praktek mengajar tetapi juga praktek persekolahan. Mencakup berbagai hal seperti mempelajari dan memahami seluk beluk lembaga pendidikan (sekolah), belajar administrasi sekolah untuk mengembangkan kompetensi keguruan. Dalam hal ini mahasiswa juga merasakan pengalaman mengajar langsung, namun perlu ada pembenahan dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa dalam membantu sekolah mengimplementasikan kurikulum.

“Mahasiswa harus mengembangkan keterampilan mengajar, sebelum nantinya benar-benar terjun menjadi tenaga pendidik,” terang Ir. Wafit Dinarto, M.Si., Dekan FKIP.

Para mahasiswa dituntut untuk mengaplikasikan keterampilannya setelah mendapatkan berbagai materi di bangku perkuliahan.

“Dari sanalah dapat dilihat, sudah seberapa matang mahasiswa memahami ilmu pendidikan,” jelas Wafit saat memberikan pembinaan PPL, Jumat (15/07/16).

Tak hanya itu, praktek PPL ini juga membawa pengaruh pada pembaharuan materi perkuliahan karena seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, pasti banyak metode baru yang harus dicoba. Mahasiswa FKIP ini akan melakukan PPL di beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Bantul dan Sleman. Selama enam minggu dari 25 Juli 2016 sampai 3 September 2016. Usai melakukan PPL, mahasiswa diwajibkan membuat laporan sebagai syarat untuk lulus sarjana pendidikan. Mercu Buana…Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.