Kismis Kersen, Sumber Vitamin C Buatan Mahasiswa THP UMBY

Pengumuman

Dari industri pangan, banyak ide kreatif yang dapat dikembangkan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Hal tersebut juga diterapkan oleh lima mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Mereka mengembangkan buah kersen (talok) yang dijadikan kismis sebagai sumber vitamin C.

Saat ditemui di Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian (PHP), Ika Novita Nur Hafizah, Ketua Penelitian ini menjelaskan tentang buah kersen yang dijadikan kismis sebagai sumber vitamin C. Ide ini bermula dari banyaknya buah kersen di sekitar tempat tinggalnya yang tidak dimanfaatkan. Pemanfatan buah kersen hingga sekarang belum dilakukan secara maksimal, nilai jual pohon kersen hanya sebatas sebagai pohon perindang.

“Buah kersen ini dapat dijadikan produk olahan pangan sehingga dapat menambah ketahanan pangan dan meningkatkan nilai jual, contohnya diolah menjadi kismis,” kata mahasiswa semester 6 ini, Selasa (24/5).

Oleh karena itu, pemanfaatan kersen sebagai salah satu produk olahan terutama dalam bidang kesehatan merupakan suatu inovasi yang nantinya dapat memberikan berbagai manfaat. Hal ini pasti nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segi ekonomi ataupun peningkatan kesehatan. Di samping itu, pengolahan kismis kersen tidak membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. Ketersediaan bahan baku buah kersen pun masih cukup mudah ditemui dengan harga yang terjangkau.

Hingga saat ini Ika bersama keempat temannya Peter Prakoso, Yasinta Vinda, Elly Sitompul, dan Rukmanah masih terus mengembangkan kismis dari buah Kersen, agar bisa berproduksi meskipun dalam skala industri rumahan terlebih dahulu.

“Penelitian Kismis Kersen sebagai sumber vitamin C lolos mendapatkan dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan dari KEMENRISTEK tahun 2016,” jelas Ika.

Dosen dan tenaga kependidikan UMBY memiliki peran yang sangat besar dalam penelitian Ika dan tim. Terlebih adanya program workshop penulisan penelitian ilmiah yang membantu mahasiswa. Selain itu dosen pun juga memberikan dorongan agar berani tampil mengikuti program penelitian dari KEMENRISTEK.

1 thought on “Kismis Kersen, Sumber Vitamin C Buatan Mahasiswa THP UMBY

  1. wah kreatif ya mahasiswa zaman sekarang, ternyata kersen bisa menjadi olahan yang bernilai ekonomis dan berguna buat kesehatan, baru tau saya kl kersen bisa jd kismis, thx infonya sangat membuka pemikiran dan pengetahuan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.